PERJUANGAN MENAKLUKKAN UKEN 2017


Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Ya Allah..
Alhamdulillah Ya Rahman Ya Rahim..
Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamiin..

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu seluruh peserta UKEN 2017 datang jugaaaak.. Setelah menunggu kurang lebih 6 bulan, akhirnyaaaaa pengumuman Hasil UKEN 2017 keluar jugaa.. fiuuhh.. setidaknya bisa bernafas legaa.. 

Sebenernya dari setelah ujian udah excited bangeeet mau nulis tentang PERJUANGAN UKEN ini, tapi takuut pamalii hehehe.. jadi sekalian nunggu pas pengumumannya keluar dehh.. dan ALHAMDULILLAH.. karena ada postingan ini, itu artinya..

SAYA LULUS UKEN!!!!!!!!

Huhahahahahhaaa *ketawa ala om jin* 😜😎

Aahh, Alhamdulillah.. Semua karena Allah dan karena doa-doa orang terdekat.. Alhamdulillah wa Syukurillah.. 

Eemhh.. Okeh, ga usah buang-buang waktu, karena waktunya sudah habis dipake menunggu 6 bulan πŸ˜‚πŸ˜‚ Kita langsung cuuussss to the story 😍😍


  1. Pendaftaran ALB
Untuk ikut Ujian Kode Etik Notaris, selain harus berijazah Magister Kenotariatan (M.Kn.), kudu mendaftar dulu jadi Anggota Luar Biasa Ikatan Notaris Indonesia (INI), mendaftarnya lewat website Pengurus Pusat (PP). Tahap ini juga lumayan penuh drama pemirsah, karena waktu itu saya daftar dari bulan November 2016, dan baru terverifikasi bulan.. bentar, cek email dulu πŸ˜„ 
...
...
...
Yap! Baru terverifikasi tanggal 8 Februari 2017. 



Ini buat ngecek sudah terverifikasi atau belum saya sampai harus ke Jakarta, datang langsung ke kantor pusat buat mastiin, kedaftar ga ya.. Meskipun sudah ditelp dan katanya servernya lagi down, cuma kayaknya ga puas aja gitu kalo ga dateng langsung ke sana buat mastiin.. Karena ini menyangkut hidup dan mati, weits levvaaayy πŸ˜‚ hahahaa.. Ga ding, iyya pokoknya HARUS TERDAFTAR dan HARUS IKUT UKEN periode ini. 

Oke, Pendaftaran ALB amaan.. selanjutnyaa..


  1. PENDAFTARAN UJIAN KODE ETIK NOTARIS
Karena trauma dari pendaftaran ALB kemaren yang lamaa terverifikasi datanya, saya selalu update website INI untuk cari informasi pendaftaran Ujian, jadi begitu pendaftaran dibuka, langsung saat itu juga saya MENDAFTAR, dan dapat gelombang I. 



Alhamdulillah, tahap ini ga ada drama-drama kayak pas pendaftaran ALB kemaren πŸ˜…

  1. PEJUANG UKEN / BERBURU BIMTEK
Saya tipe orang yang semua persiapan harus mantap, perfect. Terutama kalo ujian, aduhh.. paling ga bisa bangeet masuk ruang ujian hanya  dengan persiapan setengah-setengah.. saya orangnya panikan hahahaa.. Beda bangeet sama Suami, yang selalu ‘tenaang saja.. jawab saja soalnya, kalo nda bisa ya, maumi diapa?’ Hahahaa.. Tapi saya akui, Pak Suami otaknya encer, belajarnya cuma semalam pas besoknya ujian, eh.. pengumuman, doi LULUS, dan sudah diambil sumpah bulan Mei kemaren. Luaaar biasaaa, hahahaa πŸ˜„πŸ˜„ Bahkan saya sering diledekin, ‘Jangan sampe saya duluan ini buka kantor πŸ˜„

Nyelipin foto ini gapapa yaaa (ya gapapalah, ini blog siapakah? 😜)
Okee, kembali ke topik ini. 😎
Saya dan teman-teman PEJUANG UKEN yang lain mulai sibuk mempersiapkan bekal dan persenjataan untuk menaklukkan soal-soal UKEN. Langkah awalnya dengan mengikuti Bimbingan Teknis Menghadapi UKEN. Saya ikut 2x Bimtek, yang pertama di Makassar yang diselenggarakan oleh Pengurus Wilayah Sulawesi Selatan. 













Rencana awalnya sebenarnya cuma ikut 1x Bimtek. Tapi dapet informasi, ada Bimtek di Jakarta yang Pemateri-pematerinya bagus semua. Duhh galaaauuu, ikut ga yaaa 😩



Tapi Alhamdulillah, punya suami yang selalu mensupport istrinya. Akhirnya daftar lagi bimtek yang itu. Eh tapi kemudian, dapet informasi lagi, ada Bimtek di Tangerang, yang juga semua Pemateri-pematerinya  bagus-baguus.. Duh Gustii.. 😩

Akhirnya setelah berembuk sama teman-teman yang lain, sebagian ikut bimtek yang di atas ini, sebagian ikut yang di Tangerang. 

Saya, dan tiga orang teman yang lain, Dian, Magfirah, dan Avhyra, sepakat ikut yang ini. Dan berangkatlah kita berempat ke Jakarta.. 













Eh ada Nino juga pale, teman seangkatan dari Unhas, ketemunya nanti di lokasi. Katanya, calon Notaris Kota Kendari πŸ˜„









Daaan.. di foto yang di bawah ini, saking calleda’nya karena mau skaali foto deket Bu Otty, saya nyenggol es kopyor, dan ga sadar rok saya jadi kain pelnya gara2 jongkok pas di bawah situπŸ˜”πŸ˜”



Aaahhh, Alhamdulillah.. Semakin kuat amunisi buat Hari H nanti. Gunanya ikut bimtek, kita jadi tau arah kita mau kemana.. 😜 Hahhaha.. maksudnya, dari yang awalnya bingung APA YANG HARUS DIPELAJARI, YANG MANA DULU YANG HARUS DIPELAJARI, BAGAIMANA BENTUK SOALNYA, dan sebagainya, dan sebagainya.. semua dikupas tuntas sampe akar-akarnya di Bimtek. 

  1. BELAJAR, BELAJAR, BELAJAR!!
Sekali lagi saya tipe orang yang harus punya persiapan matang untuk memulai sesuatu, terlebih kalo mau UJIAN. Jadi Ujian Kode Etik Notaris itu, materinya CUMA 4. Yap! CUMA EMPAT MATERI. Gampaaaaang πŸ˜…
  1. Undang-Undang Jabatan Notaris (UUJN)
  2. Anggaran Dasar
  3. Anggaran Rumah Tangga
  4. Peraturan Perkumpulan

Kelihatannya sih sedikiiit πŸ˜… tapi coba mulai buka UUJN, mulai buka Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, abis itu Peraturan Perkumpulan 😎 Oh May...........saroh 😭

Tapi sekali lagi, berkat BIMTEK, kita jadi tau arah dan tujuan, cieh hahahahaa πŸ˜‚

Saya mulai dari UUJN, lalu Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, dan terakhir Peraturan Perkumpulan. Saya telusuri soal-soal yang tiap tahun muncul, saya pelajari pasal-pasal yang selalu diulang-ulang saat bimtek. Itu dulu. 

Setelah semua aman, saya masuk ke pasal-pasal lain yang kira-kira penting. Baca, pahami, HAFAL YANG PENTING-PENTING!

Cara belajar paling cepet masuk di otak versi saya, dari zaman S1, sampe sekarang Alhamdulillah.. selalu saya terapkan yaitu dengan membuat skema di buku catatan dengan pulpen dan kertas warna warni. 

Buku catatan untuk saya pelajari HARUS RAPI DAN PENUH WARNAπŸ˜‚  jadi mulai dari materi UUJN, AD, ART, dan Peraturan Perkumpulan, apa-apa yang penting dan harus saya pelajari, semua sudah ada di buku catatan saya yang penuh warna ❤️πŸ’›πŸ’šπŸ’™ 

Kemudian saya targetkan UUJN harus selesai dalam 4 hari, AD ART 3 hari, Peraturan Perkumpulan 2 hari. 

Pokoknya tidak ada kata NANTI-NANTI πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻
UKEN ONE SHOOT! πŸ˜‡πŸ˜‡

Setelah saya rasa siap, saya ajak teman-teman untuk belajar kelompok. Sekalian untuk ‘mengetes’ kemampuan saya huhahahaahaha 😎😎 Jadi cara belajar saya yang kedua, dari dulu sampe sekarang.. setelah mantaaap belajar sendiri, menyendiri di kamar selama berhari-hari πŸ˜‚ saya harus ‘ketemu dan bicara sama orang’. Bahasa simpelnya, DISKUSI. Hahahahaa..







Setelah belajar, sempetin dulu buat foto-foto. Buat bahan di blog. Biar ada kenangan. Kenangan perjuanganku menaklukanmu.. UKEN 😁 hahahhaaa..

Aahh, bahagianya.. Alhamdulillah, terima kasih Ya Allah.. tuh kan, terharu lagi πŸ˜­πŸ˜…

  1. UKEN HARI 1 (20 Maret 2017)
Akhirnya hari-hari paling mendebarkan itu tiba.. Kami berlima, saya, Kiki, Riri, Ndeng, dan Bhineka (Genk Gelombang I), sudah dari jauh-jauh hari booking hotel di dekat Balai Sudirman, Harris Hotel adalah yang paliiing dekat dari lokasi. 

Hari 1, tanggal 20 Maret 2017, pembekalan peserta. Ya.. biasalah ya.. Pembukaan, sambutan-sambutan, dan pembekalan peserta.. Ya samalah kayak bimtek, materi-materi apa saja yang mau diujiankan, soal-soal yang biasa keluar. Ya pokoknya samalah kayak bimtek, cuma bedanya, bimtek dikupas tuntassssss, kalo ini yaa.. sekedarnya saja.. 

Belum terlalu tegang, masih bisa lah ya selfie-selfie πŸ˜…

Sebelum ke lokasi, nunggu Grab depan hotel.. 
Oh iyya, ini mba yang paling kiri, baru kenalan pas depan hotel, lupa dia dari mana.. Malang apa Jogja πŸ€” lupa.. trus sampingnya mba itu, ada Kak Taty  senior angkatan 2012 di Unhas.. trus saya, abis itu Riri, trus yg pake kacamata itu Kiki, blakangnya Riri itu Bhineka, dan blakangnya Kak Taty itu Ndeng.. 







Pembekalan sampe sore 😴 Sudah semuami dipelajari πŸ˜ͺ (sombooooong hahahahaa 😜)

  1. UKEN HARI 2 (21 Maret 2017)
UJIAAAAAAANNNNN 😱😱😱😱😱😱
Ini hari terhoror selanjutnya setelah Hari Ujian Proposal, Seminar Hasil, dan Ujian Tutup 😰😰😰😰😰

Meskipun sudah belajar, saya tetep aja gugup. Panik! Ya Allah.. 😩 sampe semalaman ga bisa tidur! Akhirnya jam 2 malam saya mandi, shalat, trus turun ke Lobby.. BELAJAR lagi 😀 Daripada ga bisa tidur yakaan.. 

Dan tibalah saatnya.. πŸ˜‡πŸ˜‡



Suasana Ujian Tulis Gelombang I. Tempat duduk saya ada di deretan ke dua dari kiri 😁

Alhamdulillah Ujian Tulis dilewati dengan saaaangaaat mulus πŸ˜‡πŸ˜‡ Jari-jari sampe keriting nulis jawaban ga brenti-brenti, nambah kertas pula, tjjiieeeehhhh πŸ˜…πŸ˜… hahahahaa.. Alhamdulillah, semua berkat doa Orang Tua, Suami, dan keluarga πŸ˜‡πŸ˜‡


Nah ujian lisan yang paliiiiing horor dibanding ujian tulis 😱 dua foto di atas adalah suasana menjelang ujian lisan.. setelah shalat dan makan siang, banyaak peserta yang sudah ancang-ancang ambil antrian biar bisa masuk duluan..



Nah ini Penguji ini saya nih, yang paling kiri😎 sama 1 lagi, saya ga tahu nama beliau, dan ga dapet fotonya juga.. yang jelas 2 orang penguji saya postur tubuhnya tinggi besar, tapi hatinya selembut sutra.. unncchhh πŸ˜„

Jadi begitu giliran saya, saya langsung diarahkan ke meja Bapak Benizon dan rekannya. Disalamin, trus dipersilahkan duduk. Daaaaaan.. jeng jeng jeng.. mulailah ditanya satu-satu..

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang masih saya ingat:

  1. Apa itu kode etik
  2. Apa itu kode etik notaris
  3. Apa maksudnya notaris harus berlaku amanah, jujur, mandiri, tidak berpihak serta penuh rasa tanggung jawab
  4. Larangan dalam Kode Etik
  5. Kewajiban Notaris terhadap Akta Wasiat
  6. Larangan dalam UUJN
  7. Tentang pembacaan Akta, bolehkah Notaris tidak membacakan Akta?
  8. Apa perbedaan Pasal 66 di UU Nomor 30 dan UU Nomor 2
  9. Apa pendapat saudara tentang organisasi INI sebagai satu2nya Organisasi Profesi Jabatan Notaris?

Pertanyaan No. 8 dan No.9 adalah BOM NUKLIR saya untuk Ujian Lisan UKEN 2017 😎😎😎😎😎

Alhamdulillah, saya PAHAM dan HAFAL Pasal 66 di UUJN Nomor 30 dan UUJN Nomor 2, sampai pengujinya berdua angguk-angguk kepala dan bilang, “cerdas juga ya kamu”.. 😲

Uuhhhh 😍😍 Darah saya semakin mendidih, semangaat saya semakin berkobar πŸ˜‚πŸ˜‚ayo Pak, mana lagi pertanyaan bapak” (dalam hatiii 😜)

Dan jawaban untuk pertanyaan terakhir ditutup dengan kata, “MANTAAAAP” dari Pak Benizon 😎😎 Uuhh yeaaahhh πŸ’ƒπŸ» berasa kek mau dancing di situ πŸ˜‚ Hahahahaa..

Saya berjalan keluar dengan senyuman 10 sentimeter dan mata berbinar-binar sambil teruuus ucap syukur Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah, Makasih Ya Allah untuk semua kemudahan hari ini πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

Abis itu langsung telpon Suami, Mama Papa, cerita panjang lebar dari A sampe Z, sambil lompat-lompat kegirangan 😍😍😍😍😍 

Saat itu saya YAKIN saya PASTI LULUS, tapi saya tidak mau mendahului ketentuan Allah.. jadi tetap berdoa, semoga Allah berkenan mengabulkan doa saya agar bisa LULUS UKEN tahun ini πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

Sampe hotel baru deh terasa capeknya. Ngantuuuk bangeeeet, badan pegel-pegel, pengennya mau tiduuuuur aja sepanjang malam. Tapi temen-temen ngajakin makan di luar, karena malam terakhir, besok balik ke kota masing-masing. Yo wes, ayok jalan!













Wajah-wajah letih namun bahagia. Alhamdulillah, semua sudah berlalu (kata-kata andalan, hahahaa)..


  1. PENGUMUMAN HASIL UKEN 2017 
Alhamdulillah, segala usaha dan doa di akhir tahun 2016 agar bisa LULUS UKEN 2017 terjawab kemarin, Selasa, tanggal 3 Oktober 2017. Di daftar Pengumuman Nama-Nama yang LULUS UKEN 2017, ada nama saya, Ana Supriyana Abdul Hamid. 





Alhamdulillah..
Alhamdulillah..
Alhamdulillah Ya Allah..
Terima kasih sudah selalu mengabulkan doa-doa dan harapan saya..
Terima kasih Suami, untuk setiap doa, semangat, dan dukungannya dalam bentuk apapun..
Terima kasih Mama Papa, Ayah dan Ibu untuk doa-doa indah untuk anaknya dan menantunya.. 
Terima kasih Ani, Ayu, Ain, dan sodara2 ipar, Cicha Novi..
Terima kasih teman-teman..
Terima kasih untuk semua yang selalu mendoakan terbaik untuk saya..
Semoga Allah senantiasa mengabulkan doa dan harapan baik kita semua, Aamiin πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡






Gorontalo, 4 Oktober 2017. 

Comments

  1. wuahhh luarbiasa...
    selamat yaaaa anhaa
    selamat ke babak selanjutnyaa,,
    semoga segera berkantor , dan pilih sendiri interior kantornya ahh kerenn banged hehehe.. sukses dan bahagia selalu
    anak2mu pasti bangga deh punya orangtua keren kayak kalian ")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah terima kasih Qiah :)
      Aamiin Aamiin Ya Allah..
      Makasih doanya, doa yang sama juga untuk Qiah, semoga bahagia selalu bersama keluarga tercinta hingga Jannah, Aamiin Aamiin Ya Allah..

      Delete
  2. Kak waktu ALB gada ujian sama skali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, maaf baru balas commentnya.. Saya ga dapet aturan itu, jadi langsung terdaftar setelah membayar biaya pendaftaran..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sirup VS Orson

SEBAIT DOA UNTUK MEREKA, ISTRI-ISTRI YANG TERSAKITI.

KALEIDOSKOP 2016 (End)