SAYA MUNDUR..



Cerita yang tidak biasa datang dari seorang perempuan tadi subuh.. Perempuan itu bernama Novi. Atas permintaannya sendiri, Novi tidak ingin identitasnya disamarkan. Dia sekaligus ingin menyampaikan permohonan maaf kepada seorang perempuan, seorang istri, seorang ibu dari anak-anak yang suaminya pernah dia cintai, yang hampir membangun istana 'kedua', sampai akhirnya Novi menonton video saya, lalu kemudian mengambil keputusan....................


*****


assalamualaikum wr wb..
salam untuk semua pembaca, salam dengan suhu 24°c di kota banjarbaru, kalimantan selatan...

saya kerahkan seluruh keberanian untuk juga ikut membagikan pengalaman saya yg mungkin akan 'di nyinyirin' oleh para pembaca...
tidak banyak harapan saya dari berbagi 'aib manis' ini...
saya hanya berharap, semoga bermanfaat untuk saudara2 di luar sana yg mungkin saja sedang berada di posisi yg pernah saya rasakan tahun lalu...
posisi yg berseberangan dengan ka ana...
posisi untuk menjadi istri ke dua....

bismillahirrahmanirrahim...

SISI LAIN :
"(HAMPIR) PERNAH MENJADI ISTRI KE DUA"

saya Novi, bukan nama yg disamarkan. saya lahir 24 tahun silam....
saya bekerja di salah satu dealer otomotif di kota saya. Dan saya bekerja sebagai marketing executive, berasal dari kalteng, kerja dikalsel...anak kost...jauh dgn org tua.

entah bagaimana memulainya, jujur dari hati yg terdalam...
tangan saya bergetar untuk mengetik dan membagikan ini....

pertemuan saya dgn salah satu Customer saya,wakil president sebuah perusahan yg lumayan ternama (iya, perusahaan ternama, khususnya area makassar. Perusahaan itu lahir dan tumbuh pertama kali di makassar) begitu singkat...

ah, jujur saja...kali ini tak perlu waktu lama untuk jatuh hati pada nya...padahal saya kenal diri saya,,saya bukan org yg gampangan menaruh hati kepada org lain... tapi untuk kali ini, saya kalah. Iya, saya kalah dengan lelaki ini... lelaki umur 29thn, beristri,punya anak 4.
Dia orang makassar, ayah ibu, dan keluarga nya di makassar... istri  dan anak2 nya di samarinda... dia di banjarbaru semata2 urusan kerjaannya...

hari minggu, pada tanggal dan bulan yg saya masih ingat dgn jelas, tapi enggan untuk saya sebutkan...karna, seandainya bisa..saya tidak ingin ada hari tersebut..hari pertemuan kami...
hari minggu, jelas kantor tutup, tp karna suatu pekerjaan yg ingin saya selesaikan, maka hari itu saya ada di kantor...
lelaki itu datang ke kantor dengan beberapa temannya...
menanyakan unit2 product yg saya jual, seperti biasa, saya pinta nomor hape nya, untuk saya prospek lg.
seiring berjalannya waktu, kita beberapa kali sempat ketemu, sekedar lunch atau dinner bareng. terus terang, ini sering saya lakukan pada beberapa customer saya yg lain...tp tak ada rasa apa2. dengan yg ini? ah, entahlah... saya betah di sisinya, saya tenang melihat senyumnya....saya tidak perduli apakah dia akan membeli product saya atau tidak, berada di sisi nya saja saya sudah bahagia,,
saat itu saya bingung...
ini seperti bukan saya...
saya,,,saya tdk pernah semudah itu menaruh hati begitu saja kepada lelaki single sekalipun... tapi ini???? sungguh, bukan materinya yg saya kejar...kedamaian saat saya disisinya, tak bisa saya jelaskan kepada siapapun.
singkat cerita, bak gayung bersambut....ternyata cinta yg salah itu berbalas...
kami saling jatuh cinta.
dunia milik kami berdua. terdengar alay???bagi kami tidak....

saya benar-benar jatuh cinta.

cinta saya waktu itu, seperti mimpi yg indah,,, rasanya menyayat nyayat hati ketika saya harus terbangun, tersadar. Bahwa saya terlambat bertemu dengannya. Tersadar beberapa waktu,kemudian saya melupakan nya, dan melanjutkan mimpi saya yg indah..

begitu terus, terus begitu..

satu hal yang saya tau, dia sangat mencintai saya.

saat dia pulang sebentar ke samarinda, kita masih sempat untuk sekedar lepas kangen di balikpapan...
saat ulang tahun saya dan istrinya di hari yg sama, 11-februari...
dia lebih memilih untuk bersama saya...

saat itu kadang saya berpikir,,
"lebih baik menjadi yang kedua, tapi selalu di utamakan... dari pada menjadi yg pertama, tapi diduakan"

begitu terus, dan terus begitu..

tidak banyak orang yg tahu cerita saya. bahkan orang tua sayapun tidak tahu.

hanya 1 org sepupu yg tahu.
dan beberapa sahabat...

tapi bagi saya,
tidak ada nasehat yg benar untuk saya pada saat itu.
semua nasehat mereka, bukan masuk telinga kanan keluar telinga kiri bagi saya...melainkan memantul, tidak masuk sama sekali. bagi saya, semua nasehat mereka omong kosong!!!
saya marah kepada mereka yg memberi saya nasehat.

akhirnya, seberapa lama bangkai bisa disembunyikan, suatu saat kan tercium juga...

istrinya curiga.

dia, lelaki yg saya banggakan hingga detik ini..mencoba memberanikan diri mengutarakan kepada istrinya...mengutarakan bahwa dia jatuh cinta (lagi) pada gadis belia di kalimantan selatan..
saya tau, dia mempertaruhkan segalanya untuk menyampaikan itu...

caci maki dan derai tangis, sudah pasti di dapatnya...

tapi akhirnya???? kalimat ini yg kami dapat..."jika engkau yakin benar bisa berlaku adil dalam segala hal untuk kami berdua,nikahi lah dia....tapi jika kamu tidak yakin bisa berlaku adil,tinggalkan salah satu dari kami" kurang lebih begitu kata istri nya...

benar-benar angin syurga...
lalu apa langkah kami selanjutnya?????menikah?????seharusnya iya....dan hampir iya....

tapi ada sesuatu yg aneh di hati saya...
lelaki yg saya puja, yg saya bangga kan,,pangeran hidup saya...yang begitu amat saya cintai...saya hanya takut kehilangannya...saya takut dia jatuh cinta lagi pada perempuan lain setelah saya. jika itu yg terjadi kelak, apa yg harus saya lakukan???merelakannya kah,seperti yg istri nya lakukan????ah, saya tidak sanggup!!

di tengah tangis tersedu sedu setelah sholat subuh....
mukena pun belum dilipat...

saya meraih handphone...

salah satu sahabat saya, upload video ka ana di path. Dan saya di tag dalam video itu. Bukan hanya saya sebenarnya yg di tag, dia tag ke banyakkk orang. tapi saya faham betul, dia sedang ingin menyentuh hati saya dgn video ka ana...karna sahabat saya yg upload itu pun tahu ttg apa yg sedang saya alami...

saya simak video itu sampai tuntas...

hati saya tersentuh, tapi tidak seutuhnya..

beberapa waktu kemudian, saya hubungi org tua saya.... yg angkat abah (tiri).
sayup sayup saya dengar dari kejauhan, mama sedang mengaji... kata abah "kena amun mama tuntung ngaji, abah suruh telfon balik" (nanti kalau Mama selesai ngaji, ayah suruh telfon balik).

Saya hanya menghela nafas....
duhai hati, air mata macam apa yg akan ku berikan pada mama nanti...
aku tau, aku lah baris pertama yg ada dalam setiap doa mama...
bukankah aku juga korban brokenhome...
kenapa harus ku bagikan deritaku kepada anak-anak dari lelaki yang ku kasihi???

ada lah sekitar 15 menitan...
mama telfon balik...
"mama sudah selesaikah ngaji nya"
"iya nak, sudah...kenapa subuh2 nelfon mama"
"gapapa...kangen aja...mama kalo doain novi tu doa apa emang?"
"ga banyak, supaya novi bahagia dunia akhirat aja...supaya novi dapat jodoh yg terbaik, yg menemani sampai maut, jangan salah pilih kaya mama"

-percakapan kami dalam bahasa daerah-

handphone saya matikan, dan tangis saya tumpah sejadi jadinya. subuh itu, saya ingin mengakhiri semuanya. semuanya. semuanya yg tidak jelas.semuanya yg mana yg ingin saya akhiri? apakah mengakhiri hubungan, tp cinta ini tdk pernah saya rasakan sebelumnya...
atau mengakhiri hidup saya...
rabb, ampuni saya atas niat itu...

untungnya, si akal sehat masih stand by di otak saya...

apapun yg terjadi, hidup terus berjalan...

orang dalam video itu, yg sdh punya anak pun, bsa meninggalkan...
kenapa saya yg belum menikah, tidak bisa meninggalkan?

saya masih muda. saya masih bisa cari yg lain. yg menjadikan saya satu satunya ratu di hati nya. entah dia siapa, tapi saya yakin pasti ada orang nya.

semenjak saat itu, komunikasi dengan sepasanb suami istri tersebut putus, whatssapp, facebook,line,bbm,dan nomer telfon...smuanya.. mereka saya blokir..saya cuma meminta, enyahlah dari pandangan saya,karna..semakin saya berkomunikasi dgn nya, saya semakin jatuh cinta...
saya juga minta jangan pernah injakkan kaki di banjarbaru lagi. dan saya pun takkan menginjak kan kaki di balikpapan dan makassar lagi.
seminggu kemudian, saya tau dari rekannya, kalo kantor cabang nya yg di kalsel dia tutup tanpa alasan yg jelas.
saya sangat sedih dgn kabar itu,tapi sepertinya itu lebih baik...biarlah perpisahan kami menjadi pil pahit.

hingga detik ini,,detik email ini saya ketik...
saya tidak tahu cinta macam apa itu...
karna sampai sekarangpun, saya tidak bisa menemukan pengganti..
beberapa kali saya jalin hubungan..
tapi, hanya angin lewat dihati saya...
tak ada yg seberarti dia....

sekarang, tdk ada pilihan lain,,
selain memberi crayon pada pelangi hidup saya... saya belajar menikmati kesendirian saya...sambil memperbaiki diri.



dear ka ana..
terimakasih untuk videonya, yg berperan dalam pengambilan keputusan saya...

dear ka Riri...
semoga selalu bahagia bersama abang dan anak2... jangan ada Novi Novi yang lain dalam rumah tangga kalian...

dear hati...
bersabarlah, yg baik akan datang di waktu yg baik....


terimakasih..
selamat sahur.....

banjarbaru, senin 5 juni 2017. 04:43.

*****

Dear Novi, 
Terima kasih sudah membagikan ceritanya..
Terima kasih atas keputusannya untuk mundur..
Terima kasih.
Semoga Novi bahagia dunia akhirat dan mendapat jodoh laki-laki yang single, sholeh, setia, penyayang dan bertanggungjawab, sebagaimana doa Mama untuk Novi.

*****








Comments

  1. Suatu hubungan ngk bakal bertahan lama kalo diawali dg kebohongan dan menyakiti satu pihak. Entah besok, entah 10 taun yg akan datang, akan ada balasan dari hati yg tersakiti. Karma is a bicth, beybeh.
    Saya ngk bicara soal perselingkuhan aja. Tante saya, mau nikah sama cowo pilihannnya. Awalnya ngk direstui, tp akhirnya mama saya (kakak tante saya ini) menyerah juga. Segala persiapan pesta ada, sampe ngutang ke beberapa orang. Tp dasar bego, tante saya malah kawin lari. Itu kejadian hampir 11 taun lalu. Sekarang? Si suami udah nikah lagi. Mereka punya dua anak laki yg ketika kelahiran mereka si ayah ngk pernah datang untuk menemani. Uang bulanan ngk pernah ada. Tante saya sadar dan akhirnya minta cerai.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sirup VS Orson

SEBAIT DOA UNTUK MEREKA, ISTRI-ISTRI YANG TERSAKITI.

KALEIDOSKOP 2016 (End)